Pemanfaatan Permainan Digital sebagai Sarana Edukasi Kesehatan Bagi Anak Usia Sekolah

  • Prasasti Mahasiswa Magister Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia
  • Rahman Dosen Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia

Abstrak

ABSTRAK Revolusi industri 4.0 mempengaruhi penggunaan teknologi dalam dunia kesehatan. Teknologi digunakan dalam bidang kesehatan untuk mencapai target-target yang telah ditentukan. Edukasi di bidang kesehatan dilakukan melalui media seperti video, permainan digital, dan realitas berimbuh/augmented reality, menggantikan peran lembar balik yang bersifat konvensional. Permainan digital menjadi cara untuk mengoptimalisasikan edukasi kesehatan bagi anak-anak usia sekolah. Penggunaan permainan digital dapat menekan permasalahan dalam proses edukasi kesehatan pada anak anak. Permainan digital mampu mempengaruhi pola pikir anak usia sekolah, sehingga memunculkan gaya hidup yang lebih sehat dan memberi manfaat pada tumbuh kembang anak. Namun, permainan digital sebagai sarana pembelajaran juga memiliki kekurangan. Salah satunya adalah biaya pemeliharaan dan pengembangan yang mahal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan dan keefektifan penggunaan permainan digital sebagai media edukasi kesehatan pada anak-anak. Penelitian ini menggunakan metode literature review dengan membandingkan penelitian-penelitian yang mengangkat permainan digital sebagai media edukasi kesehatan. Kata kunci : Permainan digital, edukasi kesehatan, usia sekolah
Diterbitkan
2020-02-05