HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN MINAT MAHASISWA UNTUK MELANJUTKAN PROFESI NERS DI UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI MALANG

  • Wahidyanti Rahayu Hastutiningtyas Dosen Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang
  • Yanti Rosdiana Dosen Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang

Abstrak

ABSTRAK Pengetahuan yaitu hasil penginderaan dari manusia terhadap objek melalui indra yang dimiliki dan dipengaruhi oleh intensitas perhatian dan persepsi terhadap objek. Minat adalah penerimaan akan suatu hubungan antara diri sendiri dengan suatu hal diluar dirinya. Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan pengetahuan dengan minat mahasiswa untuk melanjutkan profesi ners di Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasi yang menelaah hubungan antara 2 variabel pada suatu situasi atau sekelompok subjek dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah purposive sampling dengan jumlah populasi sebanyak 87 responden. Instrumen penelitian adalah pengetahuan menggunakan kuesioner Notoadmojo yang telah dimodifikasi dimana terdapat 5 pertanyaan pilihan ganda dan minat menggunakan kuesioner The Individual Intersest Questionnaire (IIQ) yang telah dimodifikasi. Penelitian dilakukan di Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang pada bulan November tahun 2018, Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan pengetahuan dengan minat mahasiswa untuk melanjutkan profesi ners di Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Hasil uji statistik spearman-rank ρ = 0,037 < α = 0,05. Diharapkan responden mempunyai pengetahuan dan minat untuk melanjutkan profesi ners. Kata Kunci : Pengetahuan, Minat, Melanjutkan Profesi Ners

Referensi

DAFTAR PUSTAKA Asmadi. (2008). Kosep Dasar Keperawatan. Jakarta: EGC

Dimyati Mahmud dan Mudjiono. 2000. Psikologi Suatu Pengantar. Yogyakarta : BPFE

Fauzi, Erwin dan Rismadefi (2014). FaktorFaktor Yang Berhubungan Dengan Motivasi Mahasiswa Untuk Melanjutkan Profesi Ners

Hidayat, A. A. (2002). Pengantar Pendidikan Keperawatan. Jakarta: Sagung Seto.

Hurlock, E. B. (2004). Adolescent Development, Fourth Edition. Tokyo: Mc Graw-Hill.

Jamaludin, M. (2013). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Minat Mahasiswa Program Studi S1 Keperawatan untuk Mengikuti Program Ners di Stikes Nani Hasanudin Makasar. Diperoleh tanggal 16 Juli 2014 dari http://library.stikesnh.ac.id/files/disk 1/7/e-library-stikes-nani-hasanudinmaryamjama-347-artike8.pdf

Notoatmodjo, S. (2014). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Potter, P. A. & Perry, A. G. (2005). Buku ajar fundamental keperawatan: konsep, proses, dan praktik. Volume I. Jakarta: EGC

Rotgans, I. J (2015). Validation Study of a General Subject-matter Interest Measure: The Individual Interest Questionnaire (IIQ). Health Professions Educations. (1) 67-75.

Setiadi. (2007). Konsep & penulisan Riset Keperawatan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Suryabrata, Sumadi. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Diterbitkan
2018-12-04