APLIKASI PEER EDUCATION PADA ANTENATAL CLASS DALAM OPTIMALISASI KUALITAS IBU HAMIL DI BIDAN PRAKTEK MANDIRI KASIH KELURAHAN SUKUN KECAMATAN SUKUN KOTA MALANG

  • Eka Yuni Endah Nurmala

Abstract

Abstrak. Antenatal care sangat diperlukan untuk meningkatkan derajat kesehatan ibu dan bayi demi kualitas hidup yang lebih baik melalui pendidikan antenatal dengan metode kelas antenatal dengan pendekatan peer educator. Tujuan dalam penelitian ini adalah membentuk suatu Peer Education dan mengidentifikasi perubahan pengetahuan ibu hamil pada antenatal class.Penelitian ini adalah eksperimental community models  dengan pendekatan post test without control group. Penelitian ini akan dilakukan selama 7 bulan  berupa studi analisis, dan menggunakan analisa spearman rank.  Peer Educator dalam penelitian ini berjumlah 20 orang dengan jumlah responden 40 responden dengan usia kehamilan 12-16 minggu yang dilihat pengetahuannya tentang kehamilan, persalinan, nifas dan bayi baru lahir serta dinilai ketepatan pengambilan keputusan untuk rujukan jika mengalami risiko kehamilan. Hasil penelitian didapatkan nilai p adalah 0,03 sehingga terdapat pengaruh aplikasi peer education terhadap kualitas ibu hamil dilihat dari proses persalinan dan ketepatan mengambil keputusan untuk rujukan.Bahwa dengan adanya Peer Educator, akan dapat meningkatkan pengetahuan ibu tentang kehamilannya sehingga dapat mengambil keputusan yang tepat dalam rujukan dan menurunkan kejadian morbiditas dan mortalitas.Meningkatkan peran serta masyarakat dalam usaha untuk promotif dan preventif  dalam kehamilan, sehingga akan meningkatkan kesejahteraan ibu dan bayi serta menurunkan angka komplikasi sehingga mempunyai dampak penurunan AKI dan AKB. Kata Kunci: Peer educator, kualitas ibu hamil
Published
2015-04-08
Section
Artikel