TERHADAP PENCAPAIAN NILAI UHAP I MAHASISWA SEMESTER II DIII KEBIDANAN STIKES KENDEDES MALANG
Amiroh Eprilia
Abstract
Abstrak: Ujian tahap I (UHAP I) merupakan pre requisite untuk maju pada tahap belajar selanjutnya (semester III). Ujian tahap ini diberikan untuk mengevaluasi kemampuan mahasiswa dalam melaksanakan keterampilan dasar praktek klinik. Dari data tahun ajaran 2012/ 2013, 84,7% mahasiswa STIKes Kendedes Malang lulus UHAP I dengan nilai dibawah 80. Oleh karena itu, Salah satu upaya untuk meningkatkan ketrampilan dasar praktek klinik mahasiswa yaitu dengan diterapkannya program manajemen bangsal diasrama. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh penerapan program “Manajemen Bangsal” di asrama terhadap pencapaian nilai UHAP I. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pra Eksperimental dengan pendekatan One-Shot Case Study. Populasi penelitian sebanyak 214 mahasiswa dengan menggunakan teknik simple random sampling diperoleh 139 responden. Penelitian dilaksanakan selama bulan Mei-Juli 2013. Berdasarkan uji One sample t-test dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh hasil t hitung (-8.051) < ttabel (1.660). Dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak, artinya program manajemen bangsal tidak dapat meningkatkan nilai UHAP I dengan nilai minimal 80. Hal ini dipengaruhi oleh tidak adanya evaluasi pada akhir pembelajaran dan tingginya subyektifitas pada penilaian UHAP I. Sehingga perlu diadakan evaluasi pembelajaran, evaluasi program dalam pelaksanaan program “manajemen bangsal” selanjutnya, serta perlu diadakannya evaluasi bagi para penguji dalam penilaian pembelajaran. Kata Kunci : Manajemen Bangsal, Nilai Abstract: Test Phase I (UHAP I) is a pre requisite to move forward at the next semester (3rd semester). This test is given to evaluate student’s abilities in performing basic skills of clinical practice. Data from academic year 2012 / 2013, 84.7% of STIKes Kendedes Malang students pass UHAP I with a value below 80. Therefore, One effort to improve the basic skills of clinical practice with the implementation of the ’ward management’ program in the dorm. The purpose of this study to analyze the effect of the implementation of the "Ward Management " program in the dorms to achievement of UHAP I value. Design used in this study were pre Experimental approach to One-Shot Case Study. The population of this study were 214 students and by using simple random sampling techniques obtained 139 respondents. The experiment was conducted during May - July 2013. Based on One sample t-test with significant level α = 0.05 the results obtained t count (-8135) <t table (1660). The conclusion is Ho rejected, it’s mean that ’ward management’ program cannot improve the UHAP I value with a minimum value is 80. This is due to the lack of learning evaluation and high subjectivity in UHAP I assessment. So, it need to hold an evaluation of learning, program evaluation in the implementation of the program "ward management" next, and evaluation for the examiners in the assessment. Keywords: Ward Management, Value