PENGARUH PEMBERIAN TERAPI MEWARNAI GAMBAR TERHADAP PENURUNAN TINGKAT KECEMASAN ANAK HOSPITALISASI DI RUANG RAWAT INAP B (RIB) RUMAH SAKIT WAVA HUSADA KEPANJEN MALANG
Abstract
Kecemasan merupakan perasaan tidak nyaman, rasa khawatir akan terjadi sesuatu, dimana sumber kecemasan tidak spesifik serta melibatkan respon otonom adalah Mewarnai gambar mampu menurunkan tingkat kecemasan anak hospitalisasi. Mewarnai memberikan kesempatan pada anak untuk bebas berekspresi dan sebagai permainan penyembuh yang terapiutik yang membuat anak mengekspresikan perasaannya, sebagai cara berkomunikasi tanpa kata. Tujuan penelitian ini adalah unutuk mengetahaui bahwa adanya pengaruh pemberian terapi mewarnai gambar terhadap penurunan tingkat kecemasan anak hospitalisasi di ruang rawat inap B (RIB) Rumah Sakit Wava Husada Kepanjen Malang. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-experiment. Populasinya adalah semua anak yang dirawat diruang rawat inap B (RIB) Rumah Sakit Wava Husada Kepanjen Malang dengan sampel 29 responden. Tekhnik sampling yang digunakan adalah Accidental Sampling. Variabel dependen adalah kecemasan dan variabel independen adalah terapi mewarnai gambar. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi.Hasil uji Wilcoxon signed rank test didapatkan nilai p value nilai signifikan sebesar 0,000 <α = 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara terapi mewarnai gambar dengan penurunan tingkat kecemasan. Hal ini menunjukan bahwa terapi mewarnai gambar menjadi salah satu cara untuk menurunkan kecemasanReferences
Adriana, D. (2011). Tumbuh Kembang & Terapi Bermain pada Anak. Jakarta : Salemba Medika.
Ambarwati, R. P & Nasution, N. (2012). Buku pintar asuhan keperawtanbayi dan balita. Yogyakarta : Cakrawala Ilmu
Ancok, D. & Suroso, F. N. (2005). Psikologi Islami: Solusi Islam Atas Problem-problem Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Edy, Novriadi. (2012). Kecemasan pada Anak Usia Sekolah. Yoyakarta : Pustaka Pelajar.
Anggraini. (2013), Gambaran Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Tingkat Tiga Keperawatan Dalam Menghadapi Uji Kompetensi Di Universitas Pendiiikan Indonesia. Diperoleh dari: http://repository.upi.edu/6066/. Diakses 2 Desember 2016
Aspuah, siti, (2013). Kumpulan Kuesioner Dan Instrument Penelitian Kesehatan , Yogyakarta : Nuha Medika.
Dyna Apriyani, (2013). Hubungan Antara Hospitalisasi Anak Dengan Tingkat Kecemasan Orang Tua Cimahi, : http:/keperawatan.unsoed.ac.id/sites/default/files/jks2012080292-104.pdf. diakses 23 November 2016
Eriksson, (1974). Childhood and Society. Jakarta : Pustaka Pelajar
Fatimah, Enung. (2006). Psikologi Perkembangan. Bandung : Pustaka Setia.
Hawari, Dadang.(2013).Manajemen Stres Cemas dan Depresi: Jakarta Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.
Hidayat, A. A.A (2011). Metode Penelitian Kesehatan, Paradigma Kuantitatif. Jakarta: Salembah Medika.
Hidayat, A. A. A. (2013). Metodologi Penelitian Edisi 3. Jakarta : Salemba Medika.
Hidayat, A. A. A. (2014). Metodologi Penelitian kebidanan dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika
Kohlberg, (2008). Dasar dan Teori Perkembangan Anak. Jakarta : Gunung Mulia.
Kapti, dkk, (2013). Pengaruh Bermain Dengan Mewarnai Terhadap Penurunan Skor Perilaku Maladaptif anak Usia Pra Sekolah (3-5 Tahun) Yang Mengalami Hospitalisasi Di Rumah Sakit Kabupaten Kediri.http://www.jik.ub.ac.id/index.php/jik/article/viewFile/27/46 . diakses 2 November 2016
Masluchah, 2014. Kendali Stres Menghadapi Hospitalisasi Pada Anak Usia Pra- Sekolah Melalui Terapi.
Mewarnai. http://www.lp2mundar.com/index.php/lp2m/article/view/11. Diakses pada 3 Desember 2016
Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rika Cipta.
Nurhayati, Eti. (2011). Psikologi Pendidikam Inovatif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Nursalam. (2011). Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta. Salemba Medika.
Nursalam. (2013). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis Edisi 3. Jakarta: Salemba Medika.
Nursalam. (2015). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis Edisi 3. Jakarta: Salemba Medika.
Perry dan Potter, (2009). Buku ajar fundamental keperawatanJakarta: EGC
Pieget, (2010). Teori Perkembangan Kognitif. Jakarta : Pustaka Pelajar
Purwadi. (2014), Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecemasan Pada Siswa Kelas Xii Otomotif Dan Mesin Dalam Menghadapi Ujian Nasional Smk Bina Patria 2 Sukoharjo. Diperoleh dari : http://stikespku.com/digilib/gdl.php?mod=browse&op=read&id=stikes%20pku- andripurwa-81. Diakses pada tanggal : 15 april Puspita, (2010).Pengaruh Pemberian Terapi Bermain Mewarnai Gambar Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Anak Prasekolah Yang Rawat Inap. http://lppm.akperpamenang.ac.id/wpcontent/uploads/2015/05/0207.pdf. Diakses 28 November 2016
Riyanto, A. (2011). Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta : Nuha Medika.
Sarosa, Samiaji. (2007). Penelitian Kuantitatif Dasar-dasar. Jakarta Barat : PT Indeks.
Sibagariang, E.E., Juliane., Rismalinda., Nurzannah., S. (2010). Metodologi Penelitian Untuk Mahasiswa Diploma Kesehatan. Jakarta : CV. Trans Info Media
Slamet. (2013). Belajar Dan Faktor – Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Stuart, G. M. (2013). Prinsip dan Praktik Keperawatan Kesehatan Jiwa Stuart. Singapore: Elsevier
Stuart, & Sundeen. (2007) Buku Saku Keperawatan Jiwa Edisi 5. Jakarta EGC
Sugiyono. (2013). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabetha Bandung. Suliswati DKK. (2005). Konsep Dasar Keperawatan Kesehatan Jiwa. Jakarta : EGC
Supartini, (2009). Asuhan keperawattan anak Jakarta : Salemabah medika.
Suryanti. (2011). Asuhan Keperawatan Anak Kejang Demam. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Sutomo, dkk, 2014. Pengaruh Terapi Bermain Mewarnai Gambar Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Usia Pra Sekolah Yang Mengalami Hospitalisasi Di Rsud Kraton Kabupaten Pekalongan. http://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5q.Pdf. Diakses pada 25 desember 2016.
Sumiati.dkk. (2009). Kesehatan jiwa remaja dan konseling. :Jakarta: CV.Trans Info Media.
Supartini, (2009). Asuhan keperawatan anak Jakarta : Salemba medika.
Widianti, E. (2011). “Pengaruh terapi logo dan terapi suportif kelompok terhadap ansietas remaja di Rumah Tahanan dan Lembaga Permasyarakatan Wilayah Provensi Jawa Barat”. Tesis. Depok: Universitas Indonesia.http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20280662-T%20Efri%20Widianti.pdf. Diakses 01 Maret 2016 pukul 20.22 WIB.
Wong, dkk. (2009). Buku ajar pediatric vol2 Jakarta : EGC.
Wowiling, dkk, (2013). pengaruh terapi mewarnai gambar terhadap tingkat kecemasan pada anak usia prasekolah akibat hospitalisasi Di ruang irna RSUD Prof .Dr. D. Kandou Manado.
http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/viewFile/5164/4680.pdf. Diakses 10 November 2016.