ANALISIS INTERAKSI PEER GROUP, KOMUNIKASI DENGAN ORANG TUA DAN TOKOH AGAMA TERHADAP PERILAKU SEKSUAL REMAJA DI SMKS KENDEDES KOTA MALANG

  • Indah Mauludiyah
  • Miftakhul Mahfirah Ermadona

Abstract

Abstrak: Remaja sebagai kelompok umur terbesar struktur penduduk Indonesia seharusnya menjadi fokus perhatian dan titik intervensi yang strategisbagipembangunansumberdayamanusia. Langkah paling penting yang harus diambil adalah makin ditingkatkannya perhatian kepada remaja, karena mereka menghadapi risiko lebih besar dan mereka lebih rentan menghadapi lingkungan sosial. Selain menjadi kelompok paling besar (23% dari seluruh jumlah penduduk), remaja sebagai suatu kelompok tidak pernah diperhatikan secara komprehensif dan konsisten. Hasil penelitian Buhrmester dikuatkan oleh temuan Nickerson & Nagle (2005: 240) bahwa pada masa remaja komunikasi dan kepercayaan terhadap orang tua berkurang, dan beralih ada teman sebaya untuk memenuhi kebutuhan akan kelekatan (attachment).            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah interaksi peer group, komunikasi dengan orang tua dan tokoh agama terhadap perilaku seksual remaja di SMKS Kendedes Kota Malang. Jenis penelitian analitik observasional, desain penelitian cross sectional. Populasi dan sampel yaitu remaja yang berada di SMKS Kesehatan Kendedes Malangdengan menggunakan teknik total sampling siswa kelas 10A dan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan uji Chi Square.Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil korelasi menunjukkan antara komunikasi dengan orang tua dan perilaku seksual tidak signifikan, sedangkan hasil korelasi antara komunikasi dengan guru/tokoh agama dan perilaku seksual juga terdapat hubungan yang tidak signifikan dengan nilai p-value lebih besar dariα = 0,05 (0,804> 0,05).

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta. Rineka Cipta

Awal Isgiyanto. 2009. Tehnik Pengambilan Sampel Penelitian. Yogjakarta : Mitra Cendikia

Budiman dan Riyanto, S . 2014. Kapita Selekta Kuesioner Pengetahuan dan Sikap Dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta. Salemba Medika.

Cahyaningsih, Dwi S.2011. Pertumbuhan Perkembangan Anak dan Remaja.Jakarta. Trans Info Medika

Ida Bagus Gde manuaba. 1999, Memahami Kesehatan reproduksi wanita. Jakarta. EGC

Notoatmodjo, Soekidjo.2003. Ilmu Kesehatan Masyarakat.Jakarta: Rineka Cipta

Notoatmodjo, Soekidjo. 2008. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono . 2011. Metode penelitian kuntitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta

Notoatmodjo, Soekidjo. 2008. Pengantar Pendidikan dan Ilmu Perilaku Kesehatan. Yogjakarta : Andi Offset

Notoatmodjo, Soekidjo. 2008.Promosi Kesehatan. Jakarta: RinekaCipta

Nursalam. 2003. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika

Riduwan. 2005, Rumus dan Data dalam Analisis Statistika Untuk Penelitian, Bandung : Alfabeta

Published
2018-04-03