Pengaruh Metode Buzz Group terhadap Tingkat Pengetahuan tentang Pencegahan Anemia pada Remaja di SMK Kendedes Malang

  • Helda Kusuma Wardani
  • Eka Yuni Indah Nurmala
  • Fakhrul Ardiansyah

Abstract

Abstrak: Remaja merupakan aset sumber daya manusia yang harus disiapkan untu bangsa ini. Anemia merupakan hal yang bisa menghambat pertumbuhan dan perkembangan remaja. Remaja mengetahui dan memahami akibat anemia dan cara mencegah anemia maka akan mempunyai perilaku kesehatan yang baik dengan harapan dapat terhindar dari berbagai akibat atau risiko dari terjadinya anemia. Keuntungan dari Buzz Group yaitu membantu peserta didik untuk bisa menyampaikan gagasan atau pendapat di dalam kelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahu pengaruh metode Buzz Group terhadap Tingkat Pengetahuan tentang Pencegahan Anemia pada Remaja di SMK Kendedes Malang. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pra-eksperimental, one grup pre-post test design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa di SMK Kendedes Malang yang berjumlah 82 orang. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan Wilcoxon Match Pairs Test. Hasil penelitian didapatkan r value < α 0,05 dan Z hitung < -1,96 sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 di terima, yang artinya ada pengaruh metode buzz group terhadap tingkat pengetahuan tentang pencegahan anemia pada remaja di SMK Kesehatan Kendedes Malang. Berdasarkan hal tersebut metode buzz group dapat dijadikan salah satu metode untuk pemberian pendidikan kesehatan.

References

Kesumasari, Citra. 2012. Anemia gizi, Masalah dan Pencegahannya. Kalika, Yogyakarta.

Bakta, I Made. 2007. Hematologi Klinik Ringkas.a EGC. Jakarta.

Andriani LE, dan Hendroroni A, 2014, Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Dalam Mengkonsumsi Makanan Siap Saji Pada siswa/ sisiwi Kelas X dan XI Di SMAN 70 Jakarta Selatan. Jurnal Ilmiah (http://118.97.175/ jurnal). Diakses tanggal 4 Maret 2016.

Kemenkes RI, 2013. Riset Kesehatan Dasar (http://www.kemenkes.laporan_Riskesdas2013. pdf ). Jakarta. Diakses tanggal 11 Februari 2017.

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Bentuk Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Isgiyanto. 2010. Teknik Pengambilan Sampel. Mitra Cendikia Press. Jogyakarta.

Imron. 2010. Metodologi Penelitian Bidang Kesehatan. CV. Sagung Seto. Jakarta.

Saryono, 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dalam Bidang Kesehatan, Nuha Medika, Yogyakarta.

Wibowo CDT,Notoatmojo H, dan Rohamani A,2013. Hubungan Antara Status Gizi dengan Anemia pada remaja Putri di SMP Muhammadiyah 3 semarang, Jurnal Kedokteran Muhammadiyah Vol.1. No. 2.

Rasid, Hainur. 2009. pengaruh penerapan model pembelajaran diskusi pendekatan buzz group terhadap ketuntasan belajar mahasiswa jurusan fisika 2007 pada materi pembiasan cahaya matakuliah fisdas II . http://old.fk.ub.ac.id. Diakses 1 juni 2017 pukul 18.00 WIB.

Nur, Jihadiah dan Asmuningrum Nurfika. 2015. E-jurnal pustaka kesehatan dalam Perbedaan Metode Buzz Group Discussion dengan Ceramah Audiovisual terhadap Tingkat Pendidikan Warga Binaan tentang HIV/AIDS di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Kabupaten Jember. http://lib.e-Jurnal-puskes.ac.id. Diakses 1 juni 2017 pukul 18.00 WIB.

Arifiani Dwi. 2011. Skripsi Perbedaan Peningkatan Pengetahuan Tentang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Antara Metode Permainan Monopoli Dan Ceramah Pada Siswa SDN Kebandingan Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal. http://jurnal.uny.ac.id>skripsi. Diakses 1 Juni 2017 pukul 18.00 WIB.

Asyri, Indah. 2009. Efek Penyuluhan Gizi Dengan Media Leaflet Terhadap Peningkatan Pengetahuan Tentang Anemia Pada Remaja Putri Di SMP Kristen I Surakarta". http://eprints.ums.ac.id. Diakses 28 juli 2017 pukul 13.30 WIB.

Aini, Nur. 2012. Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Perilaku Penceghan Anemia Pada Remaja Putri Kelas X Di SMA Islam Gamping Yogyakarta. http://jurnal.uny.ac.id>skripsi. Diakses 28 Juni 2017 pukul 19.30 WIB.

Budiman, Riyanto, Agus. 2013. Kapita Selekta Kuesioner : Pengetahuan dan Sikap dalam Penelitian Kesehatan. Salemba Medika. Jakarta.

Dahlan, M. Sopiyudin. 2009. Besar Sampel Dan Cara Pengambilan Sampel dalam Penelitian Kedokteran dan Kesehatan. Salemba Medika. Jakarta.

Published
2019-02-08