“KHARAKTER DEMOGRAFI KEJADIAN KEKERASAN PADA ANAK DI KOTA MALANG, JAWA TIMUR”

  • aini alifatin alifatin Fikes Universitas Muhammadiyah Malang

Abstract

Kasus kekerasan  terhadap anak-anak di Indonesia beberapa tahun ini meningkat dengan sangat tajam. Hasil Survei Tahun 2013 oleh KPP-PA bekerjasama dengan Kemsos dan BPS  menemukan terjadi peningkatan jumlah anak yang  mengalami kekerasan baik seksual, fisik atau emosional. Data Komnas PA pada tahun 2013 terdapat terdapat 1620 kasus kekerasan terhadap anak. Jumlah sesungguhnya bisa jadi jauh lebih besar lagi. Berbagai latar belakang terjadinya kekerasan sedang banyak dilakukan penelitian. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran kharakter demografi terhadap kejadian kekerasan pada anakDesain penelitian ini menggunakan desain deskripsi dimana populasi penelitian adalah anak usia sekolah Dasar kelas 3, 4, 5 dan 6 di Sekolah Dasar Muhammadiyah se Kota Malang. Dengan Simple Random Sampling didapatkan 347 sample. Proses pengolahan data melalui editing, coding, scoring, dan tabulating, kemudian di analisis Univariat dan diperoleh hasil : Kharakteristik responden yang mayoritas mengalami kekerasan di antaranya : usia muda, jumlah saudara antara 1-3, dan anak laki-laki, serta urutan anak pertama sampai ketiga. Kondisi perekonomian keluarga yang kurang meskipun  status pernikahan utuh juga menduduki mayoritas pada anak yang mendapat kekerasan. Kondisi perekonomian ini berdampak pula pada biaya pendidikan yang turut berkontribusi pada kejadian kekerasan. Pada jenis kekerasan, fisik, emosi, verbal dan seksual, prosentase terbesar 35%, dengan pelaku adalah orang terdekat dan bermaksud untuk pendisiplinan, sehingga tindakan anak hanya diam dan menangis.Kesimpulan : kharakter responden berkontribusi terjadinya kekerasan pada anak sehingga diperlukan pola asuh yang benar dan sosialisasi informasi yang lebih baik, baik di sekolah maupun di masyarakat.Kata kunci : Kharakter demografi, kekerasan,anak, pola asuh.

Author Biography

aini alifatin alifatin, Fikes Universitas Muhammadiyah Malang
departemen anak, Penata Muda Tk I/ IIIa

References

Dalyono, M.Drs. (1997). Psikologi pendidikan. Jakarta : P.T. Rineka Cipta

Ginott, Halim G., Dr. (2001). Between parents and child. Jakarta : P.T. Gramedi Pustaka Utama

Gunarsa, Singgih D., dkk Perkembangan anak dan Remaja. Jakarta : P.T. BPK Gunung Mulia

Arif Gosita. 2004. Masalah Korban Kejahatan. Jakarta: PT Buana Ilmu Populer.

Edi Abdullah Mahadar dan Husni Tamrin. 2010. Perlindungan Saksi dan Korban Dalam Sistem Peradilan Pidana. Surabaya: Putra Media Nusantara.

F.X. Rudy Gunawan. 2003. Mengebor Kemunafikan: Inul, Sex dan Kekuasaan. Yogyakarta: Kawan Pustaka.

Haris. 2011. “Analisa Kriminologis terhadap Prostitusi Yang Dilakukan Mahasiswi di Malang.” Malang: Universitas Brawijaya.

--------------, Perlindungan Anak , Akademika Presindo, Jakarta, 1983

Hadisuprarto, Juvenille Delinquency (Pemahaman dan Penanggulangannya), UNDIP, Semarang, 1996

Published
2017-06-23