HUBUNGAN FREKUENSI PENGGUNAAN GAME ONLINE DENGAN KEMAMPUAN SOSIALISASI PADA REMAJA KELAS 2 DI SMPN 11 KOTA MALANG

  • Lembah Andriani Program Studi S1 Keperawatan Stikes Kendedes Malang

Abstract

ABSTRAK Game Online memiliki kecenderungan membuat pemainanya asyik di depan komputer sehingga melupakan waktu. Pemain akan lupa makan, tidur, dan melakukan hubungan dengan manusia di dunia nyata dimana mereka banyak meghabiskan waktunya di dalam dunia virtural. Pemain terkadang dapat bermain sampai sepuluh, lima belas, duapuluh jam setiap sesi permainannya. Di Indonesia sendiri pada tahun 2010 yang menggunakan internet mengalami kenaikan 10 % dari tahun 2009. Di Indonesia saat ini terdapat 15 juta penggila game online / internet game, 3000 pengembang game, dan rata - rata dari sekian banyaknya penggila game online di Indonesia didapatkan yang terbanyak pada remaja. Fenomena perilaku adiksi game online dikalangan remaja berdampak negatif, beberapa media cetak menyebutkan bahwa terjadi pencurian yang dilakukan oleh remaja hanya untuk bermain game online. Kata Kunci: game online, internet, remaja
Published
2018-09-11